• Sunrise At: 06:02
  • Sunset At: 17:48
oni.sahroni24@yahoo.com +62 812-8910-5575

Kredit Rumah Karena Tidak Ada Pilihan Lain

Assalamualaikum ustadz, apakah hukumnya menggadaikan SK untuk kebutuhan membeli rumah melalui bank konvensional? Saya menggunakan bank konvensional karena sistem penggajian dari kantor menggunakan bank konvensional dan instansi tempat bekerja sudah menentukan banknya harus bank konvensional.

Nabilah, Serang

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Pertama, pada prinsipnya mengajukan kredit di bank konvensional untuk peruntukkan apapun itu tidak diperkenankan, walaupun dengan jaminan SK, sehingga yang jadi masalah bukan jaminam SK nya, tetapi kredit melalui bank konvensional karena itu kredit ribawi yang tidak diperkenankan.

Kedua, tetapi jika ibu dalam kondisi tidak bisa mengajukan pembiayaan di bank syariah atau lembaga lain yang sesuai syariah, maka diperkenankan untuk mengajukan kredit di bank konvensional hanya untuk kebutuhan rumah tempat tinggal, karena unsur semi darurat.

Ketiga, berlaku temporal, sehingga dalam perjalanannya, jika punya kemampuan untuk take over dari bank konvensional ke bank syariah, maka itu menjadi pilihan. Hal ini sebagaimana kaidah:

الْحَاجَةُ تَنْزِلُ مَنْزِلَةَ الضَّرُورَةِ (الأشباه والنظائر للسيوطي:ص85)

 “Keperluan/hajat (akan sesuatu) dapat menempati posisi (setara dengan) darurat” (Al-Asybah wa an-Nazhair : 85).

الْأَمْرُ إِذَا ضَاقَ اتَّسَعَ (شرح مجلة الأحكام: 18، الأشباه للسيوطي: 83، ابن النجيم: 84، الوجيز: 171، القواعد للندوي:394 ).

“Segala sesuatu jika sempit maka menjadi luas”. (Syarah Majalah Al-Ahkam:18, Al-Asybah wa an-Nazhair : 83, Ibnu Nujaim : 84).

Leave Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 Rumah Wasathia